“But to as many as did receive and welcome Him, He gave the authority to become the children of GOD, that is, to those who believe in His name” (John 1:12)

Tuesday 23 April 2013

ROKSKA!!

Question: Dear mimin, gua udah pacaran sama cowo gua selama 3 tahun. Sebenarnya dari awal ngga seharusnya gua terima dia, karena dia bukan anak Tuhan. Tapi waktu itu, gua lagi down dan ngga mikir panjang. Waktu itu juga mikirnya pengen bantu dia yang kurang kasih sayang ortu, tapi lama-lama gua ngerasa ngga kuat. Dia selalu ngehalangin gua untuk melakukan apa yang gua suka, kaya ikut seminar bisnis, pengembangan diri, dll. Gua mau bisnis pun dia ngehalangin. Gua juga ngerasa pertumbuhan rohani gua terhambat sejak pacaran. Dia ngga ngijinin gua ikut komsel. Cuma ijinin ke gereja, itupun bareng sama dia. Dia belum lahir baru, belum kenal Tuhan. Kalo gua ngomong tentang Tuhan, dia ngga nyambung dan ngga mau denger. Gua udah doa, tapi tiap kali gua mau putusin dia, dia ngga mau.

Answer: Sebenernya saya ngga pernah suka kata putus antar pasangan dan ngga oernah mau ngasih nasehat untuk putus. Tapi, itu hanya berlaku untuk pasangan yang sama-sama anak Tuhan, yang udah ngedoain dan mikirin baik-baik sebelum mulai menjalin hubungan. Apapun masalahnya,  komitmen adalah nomor 1dan jangan pernah ambil jalan paling gampang yaitu putus. Tapi kalo pasangan nya bukan anak Tuhan sih saya lebih setuju dihentikan saja hubungannya daripada dilanjutin.
Kenapa? buat suatu hubungan supaya bisa berjalan dengan baik dan mencapai hasil maksimal. EHHH? Iya hubungan segtiga. Tuhan, kamu dan pasangan kamu. antara kamu dan Tuhan harus ada garis hubungan, antara kamu dan pasangan kamu juga ada garis hubungan dan tentu saja antara pasangan kamu dan Tuhan juga ada garis hubungan. Kalo salah satu garis ngga ada dijamin sih ngga akan pernah maksimal.Apa sih maksudnya maksimal? Artinya segala talenta yang kamu punya bisa dikeluarkan sebaik mungkin, visi yang Tuhan berikan bisa tercapai dan rencana Tuhan dalam hidup kamu bisa terlaksana. Karena ada dukungan pasangan, seseorang bsa mencapai lebih tingg daripada yang bisa dicapai kalo dia sendirian.Kalo pasangan bukan anak Tuhan, emang ngga bisa berhasil? Tergantung apa definisi berhasil, kalo hanya sekedar ngga cerai, ngga banyak rebut dan ngga punya anak yang baik sih masih bisa walaupun susah, tapi tentu saja ada harga yang mahal yang harus dibayar.
Yang pertama tentu saja kita kehilangan kesempatan buat jadi maksimal. Gimana mau maksimal kalo ngga di dukung pasangan, prinsipnya aja beda.
Yang kedua, tentu saja akan lebih susah hidup dengan orang yang prinsipnya beda. Satu-satunya cara supaya damai dan ngga ribut karena prinsip ya ngga saling ngeganggu prinsip masing-masing, gimana mau bersatu hati? Kemungkinan lainnya ya prinsipnya jangan dipegang terlalu ketat supaya kalo ribut gampang buat kompromi.
Gimana pun juga, kalo mau berpasangan bukan dengan anak Tuhan bukan berarti ngga bisa jalan (walaupun susah), tapi lupain aja soal visi dan rencana Tuhan, kemungkinan kecil itu bisa dicapai. Mungkin ada yang berpikir, siapa tau nanti dia bisa bertobat dan jadi anak Tuhan. Well, lebih baik ngga usah bicara kemungkinan seperti itu karena seringnya justru bukan pasangannya yang bertobat tapi justru anak Tuhannya yang kabur dan berbalik dari Tuhan. Resikonya terlalu besar, mendingan jangan dicoba deh. Sebenernya kamu udah tau kalo pasangan kamu sekarang bukan pasangan yang dari Tuhan, kan? Apalagi jadiannya aja karena kamu lagi down dan ngga pikir panjang kan? Jangan dia bukan anak Tuhan, sekalipun dia anak Tuhan tapi kalo jadiannya kaya gitu sih, lebih baik hubungannya dipikir lagi. Masalahnya kamu ngga bisa mutusin dia karena dianya maksa ngga mau putus kan?
Yang pertama, jangan lupa kalo kamu yang memulai masalah ini jadi tanggung jawabnya harus kamu pikul sendiri juga. Dengan kata lain, jangan meminta orang lain untuk jadi penengah antara kamu dan dia. Beresin face to face. Memang dia yang pertama kali nembak kamu, tapi kamu yang menerima juga sama bertanggung jawab.
Yang kedua, kalo memang mau diputusin hubungannya, putusin dengan jelas. Dengan kata lain, jangan hanya ngomong putus terus kabur. Jelasin alasannya kenapa kamu pengen putus sampe sejelas-jelasnya. Tentu aja dia ngga bakalan terima dengan gitu aja, bagaimanapun setidaknya dia ngga penasaran. Dalam hal ini, alasan kamu pengen menghentikan hubungan ini karena dia bukan anak Tuhan dan ngga ngedukung kamu kan? Mungkin aja terjadi dianya maksa terus dan bersedia lahir baru dan ngedukung kamu. jangan bilang amin dulu, lebih baik seseorang yang bersedia memilih Yesus dengan alasan supaya ngga putus bukan pertobatan tapi Cuma sekedar ganti status di KTP. Kalo emang mau milih, milih karena pertobatan bukan karena ada pacar dibalik gereja. Kalopun dianya tetep bersikukuh bersedia lahir baru, bolehin aja tapi tetep ngga ngejalanin hubungan. Tunggu 2-3 tahun baru dipikirin dan didoain lagi. Kalo bisa sih jangan sampe begitu, tapi kalo dianya tetep bersikukuh bersedia masuk gereja ya apa boleh buat. Tapi selama 2-3 tahun itu walaupun tetep temenan tapi jangan terlalu deket deh.
Yang terakhir, kalo emang dengan segala cara sopan dan baik-baik ngga berhasil, ya kepaksa pake cara yang tegas karena kalo diterusin bakalan lebih repot lagi nantinya. Berhentilah menemui dia dan berhenti terima telepon dari dia, nyatakan dengan tegas kalo kamu sungguh-sungguh. Yang harus diingat, cara ini akan sangat menyakitkan buat dia walaupun kalo diterusin bakalan lebih parah lagi. Jangan pernah lupa kalo kamu menyakiti seseorang dan jangan diulangi lagi.

Sakit hati bukan perkara yang mudah untuk dipulihkan, terkadang itu bisa mempengaruhi jalan hidup seseorang. Karena itu, usahakan sebaik mungkin supaya dia ngga sakit hati. Saran saya , ajak dia pergi ke tempat makan yang lumayan rame, di mall atau dimana gitu, jangan ke tempat sepi karena kita ngga mau dia terbawa emosi dan terjadi hal yang ngga diinginkan. Jangan bawa temen, hanya berdua aja, supaya pembicaraan lebih bebas dan dia ngga tersinggung. Buat perjanjian sebelum bicara, kalo salah satu orang berbicara, yang lain ngga boleh menyela sampai waktunya berbicara, lakukan bergantian. Ngga ada gunanya berbicara kalo keduanya saling bicara, ngga ada yang denger. Jelaskan dengan jelas dan dengerin juga omongan dia, paling ngga sampe dianya bisa tenang lagi. Kalo ada harta gono-gini yang mesti dibagi (serius!!), misalnya ikut asuransi atau tabungan bersama putuskan saat itu juga penyelesaiannya. Kalo bisa semua urusan diberesin hari itu juga. Kalo besok-besoknya dia pengen ketemuan lagi dengan alasan nostalgia atau menghabiskan hari terakhir, langsung tolak. Kalo emang mau putus, putus yang bersih. Jangan ada tarik ulur, dan jangan pake rasa kasihan, ngga akan pernah beres kalo terus menerus ngga tega. Jangan terima telepon/sms/bbm/chat  dan kalo sampe ketemu jangan terlalu banyak ngobrol. Mantan pacar susah untuk jadi temen, paling ngga selama setahun pertama atau sampe dia punya pacar lagi. Jadi ngga usah berharap “…kita temenan aja…” paling ngga sampe setahun depan.