“But to as many as did receive and welcome Him, He gave the authority to become the children of GOD, that is, to those who believe in His name” (John 1:12)

Monday 4 February 2013

About Love | Valentine Edition (Part 1)

Spesial Valentine, Rohani Kristen akan bahas tema tentang “CINTA”.

“Boleh ngga sih anak Tuhan pacaran? Apa sih pasangan yang sepadan? Gimana cari pasangan hidup dari Tuhan?” semua akan dibahas disini, enjoy!

1. Apa itu pacaran? Boleh ngga sih anak Tuhan pacaran?

☞  Yaa boleh laaah! tapi kita juga mesti tau dulu, definisi pacarannya itu apa dulu. Pacaran itu bukan sekedar jalan bareng, kemana-mana bareng, pokoknya selalu duaan. No, pacaran, itu lebih dari itu. Di Alkitab emang ngga ada istilah pacaran. Pacaran atau kencan (dating) adalah rangkaian kegiatan sepasang sejoli mulai dari perkenalan yang mendalam sampai masuk ke jenjang pernikahan. Para hamba Tuhan sepakat kalo yang namanya pacaran itu ‘sebenernya’ sama dengan masa pranikah. Artinya kita pacaran karena kita berpikir untuk menikah. Kenapa dibilang masa pranikah? karena pacaran itu bukan cuma sekedar main-main, sekedar biar ada temen curhat, atau biar ngga ketinggalan jaman, apalagi kalo ngikutin tren kaya teman-teman yang lain. Sebetulnya tujuan pacaran itu buat mengenal pribadi pasangannya (pandangan, karakter, selera), tapi ingat bukan fisik. 

Terus gimana dong kalo sekarang kita udah keburu pacaran, padahal kita masih sekolah dan ngga mungkin menikah dalam waktu dekat? Nah kita harus punya batasan dalam pacaran, dalam arti kita boleh punya hubungan baik dengan seseorang tapi jangan sampe merusak diri dimasa muda. tapi kalo bisa, ngomong baik-baik sama pacar kita tentang tujuan pacaran dan jelasin kalo hubungan pacaran kita sebaiknya jadi temenan aja. Berteman dekat itu tentu boleh, kalopun ngga pacaran jangan terus jadi putus hubungan. Pada intinya, pacaran itu boleh untuk yang dewasa dan ingin serius. kalo untuk yang main-main aja, berteman dekat itu lebih baik.

2. Apa sih pasangan yang sepadan?

☞  Firman Tuhan bilang di kejadian 2:18 - “TUHAN Allah berfirman: Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”
a. Pasangan yang sepadan itu berarti pasangan yang seiman.
    “Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya.” (2 Kor 6:14). Kalo gak seiman berarti nggak sepadan dong? iya dong jelas, terang dan gelap kan engga bisa bersatu.
b. Pasangan sepadan itu bisa berarti sama-sama melayani Tuhan.
c. Pasangan yang sepadan itu bisa berarti punya satu visi dalam menjalin hubungan.

3. Gimana sih cari pasangan yang dari Tuhan?

☞  Istilah pasangan yang dari Tuhan itu bisa punya 3 arti.
    a. Ada orang tertentu yang sama Tuhan udah ditetapin jodohnya sama si ‘x’ dan orang itu engga bisa nolak, tapi ini jarang banget.
    b. Tuhan nyiapin beberapa orang calon buat kita dan nyuruh kita milih sendiri mana yang cocok sama kita, cara ini sering terjadi.
    c. Tuhan kasih kita kebebasan penuh buat cari pasangan dan Dia setuju aja asal pilihan kita itu sesuai sama standar-Nya dan kita berkomitmen untuk mencintainya, nah ini yang paling sering kejadian.

     Ada 3 hal yang mesti seimbang waktu kita mau menentukan pasangan kita.
   a. Cinta
    Yang mesti kita lihat adalah cinta. Salah satu hal paling penting yang mesti ada waktu kita mau nentuin pasangan kita adalah apa kita cinta dia dan begitu pun sebaliknya. Karena secara logika ngga mungkin sih kita bisa pacaran kalo ngga ada rasa cinta.
   b. Iman
    Loh apa hubungannya iman sama pasangan? jangan salah! justru kita butuh iman buat meyakini kalo pasangan kita ini datangnya dari Tuhan. Kalo kita engga punya iman pasangan kita datangnya dari Tuhan, mana bisa pacaran? Makanya iman salah satu hal penting untuk mulai pacaran.
   c. Realita
    Ini yang paling penting. Kenapa realita? Karena biasanya kalo kita udah cinta sama seseorang, kebanyakan kita pasti beriman kalo doi datengnya dari Tuhan. Tapi kadang saking ‘beriman’-nya, kita sampe tutup mata sama kenyataan yang ada antara kita dan pasangan kita. Apa kita sama doi itu pasangan yg seimbang? Apa kita cocok sama doi? Jangan sampe kejebak ‘atas nama cinta’ terus lupain kenyataan yg ada. Well, enggak salah kalo kita minta pendapat ortu atau yang lebih tua rohaninya supaya kita enggak jadi ‘buta’ karna cinta. Buka mata lebar-lebar waktu pacaran supaya selanjutnya kita enggak kaget lagi.

Nah 3 hal tadi mesti ada dan seimbang kalo kita mau cari pasangan, kalo ada salah satu ngga ada atau ngga seimbang, bisa dijamin sih hubungannya ngga lancar.