“But to as many as did receive and welcome Him, He gave the authority to become the children of GOD, that is, to those who believe in His name” (John 1:12)

Thursday 7 February 2013

About Love | Valentine Edition (Part 4)

Spesial Valentine, Rohani Kristen akan bahas tema tentang “CINTA.

“Apa aja yang boleh dilakukan waktu pacaran? Apa yang jangan dilakuin waktu pacaran? Boleh ngga kita gonta-ganti pacar?” semua akan dibahas disini, enjoy!

10. Apa aja yang boleh dilakukan waktu pacaran?

☞  Karena pacaran itu tujuan akhirannya menikah, waktu pacaran sebaiknya kita juga melakukan aktivitas yang sifatnya lebih mengenal satu sama lain kaya misalnya jalan bareng, atau keluar bareng, saling curhat. tapi yang terpenting kalo lagi pacaran, jangan terlalu sering-sering berduaan. apalagi di tempat yang sepi. bahaya! so.. perhatikan hal-hal yang mesti dilakuin kalo kamu pacaran:
A. Tentuin bersama sejak awal apa prinsip kamu dalam pacaran.
   kalo kamu ngga berani ngomongin ini dari awal, siap-siap deh masuk dalam daftar 50% pasangan di gereja yang udah pernah having sex before marriage. namanya tergoda sama hawa nafsu itu ngga pandang bulu karena itu kamu harus bener-bener bisa jaga diri. pacaran tuh jangan berduaan aja, bareng-bareng deh sama yang lain dijamin aman dan yang jadi prinsip adalah takut akan Tuhan.
B. Punya cukup waktu untk ngobrolin apa sih sebenernya yang kamu pengen raih dalam hidup kamu ke depan.
   ini penting! supaya kamu bisa pastiin bahwa kamu lagi jalan sama orang yang emang punya tujuan yang sama dalam hidup ini. jangan di tengah jalan baru kamu tau, bahwa kamu mau pergi ke manado, sementara doi mau ke zimbabwe. jauh kan bedanya. obrolin juga dong sebenernya kamu ini sebenernya orang yang seperti apa? kasih tau yang kamu suka dan ngga suka. kasih tau yang kamu pengen dari doi, dsb. ingat, jangan pernah anggap satu kali ngomong doi langsung bisa ngertiin kamu, umumnya memang perlu diomongin lagi dan lagi, tapi caranya yang enak. jangan kaya polisi yang lagi introgasi maling..
C. Pendekatan sama keluarganya.
   jangan mentang-mentang yang kita incer anaknya, terus nyokapnya kita cuekin. wah salah besar tuh. justru kalo kamu emang udah dewasa dan bisa bertanggung jawab sebaiknya kamu ketemu sama ortu doi kamu. mulai kenalan, ngobrol-ngobrol dikitlah walau kadang emang kaku. tapi tunjukkin kalo kamu bukan cowo/cewe gampangan, kalo kamu punya prinsip, dan kalo kamu adalah pribadi yang oke. dijamin kamu bakal lebih dihargai sama ortunya.
D. Teknik berantem yang bener.
   berantem ngga selamanya negatif. soalnya kalo ngga pernah berantem sama sekali, cuman ada dua kemungkinan: salah satu memendam perasaannya terus menerus, atau salah satu emang sebenernya udah meninggal dunia-_-v tapi berantem yang terus-terusan juga bakal bikin hubungan kita jadi ngga asik lagi. makanya kita perlu teknik berantem yang bener.

11. Apa yang jangan dilakuin waktu pacaran?

   A. Pake topeng. Banyak orang kaloo udah pacaran, langsung jadi orang yang berbeda. sok lembut lah, padahal aslinya ngga bisa diem. sok bersih, padahal jorok ngga ketulungan. dan itu bukan karna dia berubah, tapi cuman ditutupin aja biar jaim. akhirnya kita ngga apa adanya, kita jadi orang lain. wah, ngga akan happy. soalnya gimanapun juga itu jadi bukan kamu banget. justru waktu pacaran sebenernya waktu buat kamu belajar apa adanya untuk bisa saling mengenal dan saling berubah supaya bisa lebih baik.
    B. Nafsu seks. Di beberapa gereja di Indonesia, pernah ditemukan kalo ternyata hampir 1 atau 2 pasangan yang baru menikah di gereja udah pernah having sex sebelumnya. data tadi malah termasuk beberapa yang terlibat dalam pelayanan. O my God! kenapa kita suka tetap pada terjerumus padahal kita udah tau kebenarannya? itu karena kita kurang berani buat menolak iblis yang datang dengan sekantong permen. semakin manis permennya, semakin menggoda tawarannya, semakin kita sambut dia dengan gembira.

12. Boleh ngga kita gonta-ganti pacar?

☞  Kata orang lebih baik gonta-ganti pacar darpada nantinya gonta ganti suami/istri. eits.. justru, orang yang suka gonta-ganti pacar menunjukkan karakternya yang lemah dalam berkomitmen. gimana nanti kalo udah nikah? sebaiknya dan sangat disarankan jangan suka gonta-ganti pacar. kenapa? yang rugi kita sendiri juga. citra kita di mata orang lain jadi jelek. makanya biar ngga gonta-ganti pacar, sebelum pacaran kita pastiin dulu, apa kita bakal cocok sama doi atau ngga, jangan cepet-cepet bilang 'iya' pikir dulu matang-matang. terus ada juga orang yang kalo udah putus justru jadi musuh. nah, kamu pasti ngga mau kan jadi punya musuh apalagi kalo tambah banyak? so, think smart :")

TEKNIK BERANTEM YANG BAIK DALAM PACARAN

 Pacaran anak Tuhan belum tentu ngga ada masalah. Pacaran yang dikehendaki sama Tuhan juga pasti pernah sesekali berantem gara-gara beda pendapat. ternyata berantem juga kadang ada gunanya, masalahnya kita harus tau cara berantem dengan sukses, alias teknik-teknik berantem yang baik. sebelumnya kita mesti tau dulu apa sih gejala-gejala umum yang bisa bikin cowo atau cewe jadi bete (terus berantem)

☞  Cewe biasanya bete kalo cowonya:
   A. Meremehkan perasaan dan keinginan si cewe sehingga merasa ngga dianggap penting.
   B. Lupa sama apa yang cewenya minta sehingga menganggap si cowo ngga perhatian.
   C. Merasa paling bener sendiri dengan berbagai alasan dan menyalahkan si cewe.
  D. Selalu motong pembicaraan si cewe dengan jawaban-jawaban yang dia anggap bener, padahal cewe cuman pengen di dengerin.
  E. Bilang kalo cewe jangan terlalu mudah tersinggung atau marah hanya karna masalah sepele, karna bagi cewe hal itu bukan hal yang sepele.

  Cowo biasanya bete kalo cewenya:
   A. Banyak ngomel dan marah cuma gara-gara hal sepele dari cowonya.
   B. Terlalu mendikte cowonya sehingga merasa diremehin.
   C. Terlalu kuatir atau takut yang membuat si cowo merasa ngga dipercaya atau diandalkan.
   D. Minta cowonya gertiin perasaan si cewe tanpa menjelaskan apa yang sebenernya si cewe mau?
   E. Terlalu curiga dan mudah terluka karena perbuatan si cowo.

☞  Jadi intinya apa yang bikin bete dan lalu berantem adalah:
  A. Cowo ngerasa cewe ngga setuju sama pandangannya, itu berarti sebagai seorang cowo dia merasa diraguin dan kurang dihormatin.
   B. Cewe ngerasa ngga setuju sama cara cowo ngomong atau memperlakukan dirinya sebagai cewe, dalam artian ngerasa direndahin atau kurang diperhatiin.

  Kalo kita udah ngerti hal ini, maka kita bisa punya teknik berantem yang bener, sehingga tiap kali kita punya masalah sama pasangan kita, maka kita mesti belajar buat:
   A. Berusaha memahami perasaan atau sudut pandang pasangan kita.
   B. Belajar untuk mendengarkan dan nyampein maksud kita bukan dengan nada yang menyerang (marah-marah)
   C. Minta maaf atau menyatakan penyesalan kalo memang ada hal-hal yang ngga oke.
   D. Mulai membuat evaluasi bersama, dimana dua-duanya sama-sama harus mau berubah, tentunya setelah emosi menurun.