“But to as many as did receive and welcome Him, He gave the authority to become the children of GOD, that is, to those who believe in His name” (John 1:12)

Tuesday 5 February 2013

About Love | Valentine Edition (Part 2)

 Spesial Valentine, Rohani Kristen akan bahas tema tentang “CINTA”.

“Kapan kupunya pacar? Apa syaratnya gue boleh pacaran? Emang kenapa kalo masih kecil udah pacaran?” semua akan dibahas disini, enjoy!

4. Kapan kupunya pacar?


☞  Gue ngga mau jomblo forever! tolong dong! semua temen-temen gue udah punya pacar! jomblo is suck! jangan dulu nuduh sembarangan! jadi jomblo siapa tau jadi berkat buat kamu, yang penting harus diperhatiin kalo masih ngejomblo adalah:
   a. Masih single itu bukan sesuatu yang jelek kok. Ngga punya atau belum punya pacar ngga berarti kamu ketinggalan jaman, ngga laku, masa depan kelam, dsb. Lagian daripada buru-buru dan salah milih, mendingan juga kita sabar, ngabisin waktu buat hal-hal positif. kita bisa lebih konsentrasi sama apa yang kita mau capai bersama Tuhan dalam hidup ini lebih lagi. Pokoknya jangan pusing deh soal belum ketemu jodoh.
   b. Jangan jadi orang yang sukanya liat masa lalu doang! Kerjanya cuman mengeluh, menyesali apa yang udah terjadi. Masa lalu bukan buat diratapi. kita harus bisa mengambil pelajaran dari semua yang udah lewat. Masa lalu itu ngga akan merusak masa depan kita kalo kita mau memperbaiki apa yang salah dan menjaga apa yang baik. Tapi masa lalu bisa merusak masa depan kita, kalo kita ngga bisa keluar dari bayang-bayangnya, baik itu keberhasilan maupun kegagalan.
   c. Think Positive. Orang yang berhasil adalah orang yang ngga takut sama yang namanya kegagalan. Ditolak cinta mulu? Maju terus sampe akhirnya meraih keberhasilan. Ngga usah dibesar-besarin sampe jadi trauma segala.

5. Apa Syaratnya Gue boleh pacaran?

☞  Satu pertanyaan yang paling suka ditanyain sama anak muda adalah “Kapan dong gue boleh pacaran?“ jawabannya tergantung sama diri kita sendiri. Apa kita udah siap pacaran apa belum? inget loh, pacaran itu bukan cuma main-main, atau sekedar cari temen doang. Pacaran itu tujuan sebenarnya adalah married. Jadi kita butuh persiapan yangmatang banget kalo mau pacaran. Nah supaya jelas, ini 'syarat' umum yang harus dipunyai orang yang mau pacaran.
   a. Dewasa.
     Kedewasaan itu bukan maslah umur, tapi masalah cara pikir. bisa jadi umurnya masih muda, tapi cara pikirnya dewasa. atau bisa jadi kebalikannya, umurnya udah tua, tapi kaya anak kecil. Kalo kita mau pacaran, pastiin dulu kita udah dewasa (secara mental dan rohani ya). Kenapa kedewasaan itu penting? soalnya, waktu pacaran, kita bakal ketemu banyak masalah. Mulai dari penyesuaian gaya hidup, perbedaan pendapat, dll. Semua itu harus ditanggapi secara dewasa, kalo ngga bisa ya putus di tengah jalan deh. Makanya ada beberapa hamba Tuhan yang baru ngeluarin 'surat ijin pacaran' ke jemaatnya kalo udah umur 21 tahun, karena pas umur segitu, biasanya (ngga semua loh) orang udah dewasa.
   b. Bebas dari luka batin.
    Orang yang masih punya lukan batin, misalnya kepahitan sama ortu, atau sama mantan pacar, atau kepahitan sama lawan jenis, bisa bikin masalah dalam pacaran. soalnya orang kaya gini bisa 'menularkan' luka batinnya ke pacarnya. Ngga cuman itu aja, orang yang punya luka batin bakal bikin pacarnya susah, karena harus ekstra hati-hati (soalnya orang kaya gini gampang banget terluka hatinya). Makanya sebelum muali pacaran pastiin kita udah bebas dari semua luka batin kita. Caranya gimana? Minta Tuhan nyatain sama kita apa aja luka batin yang ada dalam diri kita dan minta Dia sembuhin kita.

6. Emang kenapa kalo masih kecil udah pacaran?


☞  Pacaran dini, itu kali istilahnya ya? hehe. Kaya gini rawan merugikan diri sendiri dan orang lain. Ungkapan 'pacaran bisa meningkatkan prestasi di sekolah' itu kebanyakan cuman alasan doang. Yang terjadi malah 'ngga sedikit' yang nilainya pada menurun, apalagi pas lagi ada masalah. Mana hubungan pertemanan dengan teman lain jadi terganggu (mau ngga mau) lantaran maunya menyendiri bareng pacar, padahal pertemanan masa remaja itu sangat penting, jangan sampe kehilangan deh. Lagipula, emosi masa remaja belum stabil, nanti malah timbul cemburu buta, egoisme, dsb.