“But to as many as did receive and welcome Him, He gave the authority to become the children of GOD, that is, to those who believe in His name” (John 1:12)

Saturday 9 February 2013

About Love | Valentine Edition (Part 6)

Spesial Valentine, Rohani Kristen akan bahas tema tentang “CINTA”.

“Gue belum pernah punya pacar, apakah gue punya karunia selibat? Gue ditolak cinta! Apa yang harus gue lakuin?” semuanya akan dibahas disini, enjoy!

16. Gue belum pernah punya pacar, apakah gue punya karunia selibat?

☞  Selibat itu artinya ngga menikah seumur hidup, atau bisa dibilang single seumur hidup. tapi yang harus diingat baik-baik selibat itu bukan karena ngga laku atau ngga ada yang mau, tapi karena itu sebuah pilihan atau sebuah karunia. Ada beberapa orang yang emang milih selibat supaya bisa melayani Tuhan dengan lebih sungguh-sungguh. bayangin aja seandainya kamu udah berkeluarga, kalo mau pelayanan pasti mikirin keluarga kamu kan? ngga bakalan sebebas waktu kamu masih sendiri, kemana-mana bebas. Rasul Paulus di suratnya ke jemaat di Korintus menuliskan bahwa sia memilih hidup selibat karena dia mau melayani Tuhan lebih lagi.

Selain karena pilihan, ada orang yang selibat karena emang udah panggilannya untuk selibat. "Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti." (Matius 19:12)
Rasul Paulus juga bilang kalo ada karunia khusus buat selibat. ngga ada orang yang bisa memaksakan dirinya buat selibat. "Namun demikian alangkah baiknya, kalau semua orang seperti aku (selibat); tetapi setiap orang menerima dari Allah karunianya yang khas, yang seorang karunia ini, yang lain karunia itu."  (1 Korintus 7:7). So, kalo (misalnya) diantara kalian merasa dapat panggilan buat selibat, syukuri itu, dan percayalah Tuhan bakal kasih anugerah khusus supaya bisa tahan single.

17. Gue ditolak cinta! Apa yang harus gue lakuin?

☞  Ditolak cinta? pasti sakit. tapi jangan terus jadi larut dalam kesedihan. Ditolak bukan artinya dunia udah berakhir. Tenang aja, masih banyak kok 'stok' yang Tuhan kasih buat kita. Kamu harus memutuskan buat mengampuni dan melupakan. Jangan disimpen di hati biar jangan jadi kepahitan. Yang rugi udah pasti kamu sendiri kan? So, don't worry, be happy! bangkit dan mulai lagi.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakuin kalo ditolak cinta:
a) Cari lagi yang lain, dunia kan ngga seluas daun kelor. masih banyaaaak temen-temen di kampus/komunitas/gereja atau dimanapun yang bisa dipertimbangin untuk jadi pasanganmu. Tenangin hati, ngga usah buru-buru, berdoa sungguh-sungguh biar Tuhan tunjukkin orang yang tepat.

b) Kalo kamu yakin seyakin-yakinnya kalo orang yang nolak cinta kamu itu kehendak Tuhan buat jadi pasangan kamu dan kamu bener-bener sayang sama dia, ya kamunya perlu bersabar. Bukankah salah satu unsur kasih itu adalah "sabar"? So, sabar aja menunggu. Ada waktu yang harus dijalani buat menguji cinta dan keyakinan kamu. Kalo itu kehendak Tuhan pasti Tuhan akan buka jalan. Jadi jangan putus asa! Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktunya. Asal jangan maksa, kalo emang dia belum mau.
Jangan dengan dalih "kehendak Tuhan" kamu memaksakan kehendak kamu sama dia, nanti malah jadi runyam.

c) Seringkali kita pengennya kalo nyatain cinta dijawab "YA atau TIDAK", "YES or NO", "MAU or NGGAK MAU DEH!". Kebanyakan jawaban itu cuman berdasarkan sama perasaannya aja. Yaa namanya juga remaja. Tapi seorang yang udah dewasa rohani dan pemikirannya, pasti akan berbeda jawabannya, bukan lagi "YA atau TIDAK", tapi dia akan meminta kesempatan untuk kenal lebih dalam dan lebih dalam lagi (lama-lama kehipnotis) *oke yang ini bercanda*. yang bener kenal lebih dalam tentang dia dan mendoakan dengan sungguh-sungguh, apalagi kalo kenalnya belom begitu lama.

d) Kalo konsep seseorang berpacaran itu bukan buat iseng-iseng tapi menyangkut hati, jadi bersyukurlah kalo ketemu sama orang kaya gitu, berarti kamu dan dia lagi menerapkan Amsal 19:2b "orang yang tergesa-gesa akan salah langkah", jadi ngga tergesa-gesa. Kembangkan hubungan buat saling lebih mengenal, dekat dan murni, sambil terus melihat pimpinan Tuhan buat ambil langkah dalam pacaran. Jadi jangan putus asa! mungkin aja dia emang betul buat jadi pasangan kamu, hanya waktunya belum tepat :)

e) Lakuin aja Amsal 3:5-6, serahkan diri sepenuhnya pada pimpinan-Nya, percaya Dia pasti pimpin. Kamu terus aja ikutin Tuhan langkah demi langkah, Tuhan pasti buka jalan kalo ini kehendak-Nya dan Dia bakal tutup jalan kalo ini buruk buat kamu. Pasti lebih menyenangkan kalo begitu.