“But to as many as did receive and welcome Him, He gave the authority to become the children of GOD, that is, to those who believe in His name” (John 1:12)

Wednesday 13 February 2013

About Love | Valentine Edition (Part 10)

Spesial Valentine, Rohani Kristen akan bahas tema tentang “CINTA”.

Kalo gw pacaran.. pasti putus. Gw jadi trauma, gimana dong? Ciuman, boleh nggak?” semua akan dibahas disini, enjoy!

24. Kalo gw pacaran, pasti putus. Gw jadi trauma, gimana dong?

☞  Eits tunggu dulu… broken heart bukan berarti kita ngga berhak jatuh cinta lagi, atau ngga boleh punya pasangan lagi selama-lamanya. Siapa tau putus itu emang karena doi bukan pasangan yang Tuhan mau buat kita, dan kita berhak kok buat nemuin cinta sejati kita.
Pertama, kamu harus punya pikiran yang terbuka! Ex-doi mungkin orang yang ngga bener, tapi kan ngga berarti semua lawan jenis seperti itu. Bukalah pikiran kamu bahwa cowo/cewe ngga Cuma dia di dunia ini, masih banyak yang lain, dan masih banyak juga yang lebih bagus kok.
Kedua, kalo orang bilang kamu cewe gampangan atau cowo playboy gara-gara sering putus, jangan jadiin pengalaman dan pandangan orang lain jadi patokan buat kamu. selama motivasi kamu benar di depan Tuhan, bukan emang mau gonta-ganti pacar, bukan karena pelarian dari masalah atau motivasi-motivasi ngga kudus lainnya, its oke. Mungkin emang udah waktunya Tuhan ajak kamu buat memulai suatu hubungan yang baru untuk masa depan kamu.
Ketiga, daripada kamu trauma sama masa lalu kamu, mendingan kamu belajar dari pengalaman itu. Mungkin kamu selama ini salah langkah dalam berpacaran, terlalu mau menang sendiri, terlalu cuek, dsb. Evaluasi supaya kita bisa jadi pribadi yang baik.

25. Ciuman, boleh nggak?

☞  Ngapain pacaran kalo ngga boleh ciuman? Ada bermacam-macam jenis ciuman, mulai dari cium pipi sampai French kiss (ciuman di bibir dengan menggunakan lidah). Apakah itu dosa? Kamu pikirin aja sendiri buat apa kamu ciuman? Apakah yang kamu pikirkan waktu berciuman? Sebelum ciuman, ingat beberapa hal berikut :
Pertama, ciuman mungkin hanya awal, itu hanya akan mendorongmu menuju ‘tahap’ berikutnya, siapkah kamu menghadapinya? Kamu ngga akan bisa balik lagi ke aal loh, kemungkinannya pengen lebih.
Kedua, inget penyakit yang bisa ditularkan lewat ciuman, misalnya TBC, infeksi rongga mulut atau HIV/AIDS.
Ketiga, salah satu cara buat ngeliat apakah kamu dewasa dan bisa menguasai diri (buah roh) adalah dari keputusan  kamu untuk melakukannya atau tidak. Ini berlaku juga soal (maaf) menyentuh bagian seksual.
“…dan janganlah beri kesempatan kepada iblis.” (Efesus 4:27)